MATERI TEKNOLOGI INFORMASI

Minggu, 28 Februari 2016

Tidak ada komentar

DESKRIPSI JARINGAN PERUSAHAAN


A.    Trafik yang mengalir pada jaringan perusahaan

Trafik jaringan dapat diklasifikasikan berdasarkan alamat jaringan, protokol dan port, ingress interface, atau klasifikasi lainnya selama masih didukung oleh standard access list atau extended access list.
1.      Standar ACL digunakan untuk memeriksa alamat asal dari paket yang akan dirutekan.
2.      Extended ACL digunakan lebih spesifik daripada standar ACL yang menyediakan lebih banyak parameter dan argumen.

B.     LAN dan WAN perusahaan

1.      LAN (Local Area Network)
Merupakan jaringan yang bersifat internal dan biasanya milik pribadi di dalam sebuah perusahaan kecil atau menengah dan biasanya berukuran sampai beberapa kilometer. LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer atau workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik untuk pemakaian sumber daya bersama serta sarana untuk saling bertukar informasi.
2.      WAN (Wide Area Network)
WAN jangkauannya mencakup daerah geografis yang lebih luas. WAN terdiri dari kumpulan LAN, MAN dan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program aplikasi pemakai. Terdapar perangkat yang melewatkan aliran informasi data dalam sebuah WAN.
Perangkat tersebut adalah :
a.       Router
Router adalah peningkatan kemampuan bridge. Router mampu menunjukan rute/jalur dan mem-filter informasi pada jaringan yang berbeda.
b.      ATM Switch
Menyediakan transfer data berkecepatan tinggi antara LAN dan WAN
c.       Modem (modulator/demodulator)
Modem mengonversi sinyal digital dan analog . pada pengirim, modem mengonversi sinyal digital dalam bentuk yang sesuai dengan teknologi transmisi untuk dilewatkan melalui fasilitas komunikasi analog atau jaringan telepon (public telephone line) . Di sisi penerima modem mengonversi sinyal ke format digital kembali.

C.    Intranet dan Ekstranet

1.      Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet, hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warung internet (WARNET) pun dapat di kategorikan intranet.
2.      Extranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.

D.    Aplikasi-aplikasi perusahaan dan Pola trafik yang mengalir

Cara yang tepat untuk membangun hubungan dengan konsumen ialah dengan membangun Customer Relantionship Management (CRM).
Tujuan utama dari CRM ini memang bukan kepuasan konsumen, tapi lebih pada loyalitas konsumen. Konsumen tidak hanya merasa puas sekali dalam menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan suatu perusahaan, namun akan terus menggunakannya.

E.     Aplikasi-aplikasi dan trafik pada jaringan perusahaan

Salah satu contoh aplikasi pada perusahaan adalah SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ONLINE MANUFACTURE. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman php dan support menggunakan database apa saja seperti : mysql, sql server, postgresql dan oracle. Software ini ditujukan dan bisa digunakan untuk perusahaan dibidang manufacture.
Kelebihan software ini :
1.      Simple – users friendly – powefull – multi platform
2.      Customize software (jadi sesuai dengan perusahaan anda)
3.      Laporan menggunakan pdf
4.      Online internet (akses dimana saja dan kapan saja0
5.      Menggunakan perhitungan hpp (rata-rata)
6.      Fasilitas searching lengkap
7.      Fasilitas sorting asc dan desc lengkap
8.      Adanya fasilitas export / import di setiap table
9.      Multi database support

F.     Prioritas trafik jaringan

Pada metode prioritas paket data yang melintasi gateway diberikan prioritas berdasarkan port, alamat IP atau subnet. Prioritas trafik jaringan ada 2, yaitu FIFO dan prioritas Antrian.
1.      FIFO
Teknik antrian FIFO mengacu pada FCFS (First Come First Server) , paket data yang pertama datang akan diproses terlebih dahulu. Paket data yang keluar terlebih dahulu dimasukkan ke dalam antrian FIFO kemudian dikeluarkan sesuai dengan urutan datangnya.
2.      Prioritas Antrian
Pada situasi tertentu kadang kala kita harus memutuskan suatu permasalahan dengan memilih salah satu solusi yang perlu dilaksanakan terlebh dahulu dan hal ini disebut prioritas.

G.    Asas teleworking dan VPN

Teleworking adalah suatu aktivitas yang dilakkan oleh pegawai untuk melakukan pekerjaan dari suatu tempat diluar lokasi unit kerja DJP dan tidak tersambung ke jaringan internal (intranet) DJP dengan menggunakan teknologi komunikasi sehingga mendapatkan tingkatan akses yang sama dengan pada saat bekerja dilokasi kantor (melalui intranet).
VPN atau Virtual Private Network adalah suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara privat melalui jaringan publik (Internet). VPN disebut Virtual network karena menggunakan jaringan publik (Internet) sebagai media perantaranya alias bukan koneksi langsung. Dan disebutPrivate network
karena jaringannya bersifat privat, dimana hanya orang tertentu saja yang bisa mengaksesnya. Data yang dikirimkan pun terenkripsi sehingga aman dan tetap rahasia meskipun dikirim melalui jaringan publik.


Cara Kerja VPN
Cara kerja  VPN ibarat seperti membuat jaringan di dalam jaringan atau biasa disebut tunneling (membuat terowongan). Tunneling adalah suatu cara untuk membuat jalur koneksi secara privat dengan menggunakan infrastruktur jaringan lain. Pada dasarnya VPN juga membutuhkan sebuah server sebagai penghubung dan pengatur antar client.
Kelebihan VPN
VPN memungkinkan karyawan/pengguna untuk terkoneksi dengan jaringan internal kantornya dari manapun diseluruh dunia, yang penting terhubung dengan internet.
Efektif dan Efisien

Waktu yang dibutuhkan untuk menghubungkan jaringan kantor-kantor cabang ke jaringan kantor pusat lebih lebih cepat, karena hanya dengan menyediakan akses internet di kantor-kantor cabang otomatis kantor cabang tersebut bisa langsung dikoneksikan ke jaringan di kantor pusat.
Sedangkan penggunaan leased line sebagai WAN akan membutuhkan waktu yang lama untuk membangun jalur koneksi khusus dari kantor cabang yang baru dengan perusahaan induknya. Dengan demikian penggunaan VPN secara tidak langsung akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja.

Hemat Biaya

Penggunaan VPN dapat mengurangi biaya operasional, karena VPN menggunakan infrastruktur jaringan publik yang sudah ada, sehingga tidak perlu membangun infrastruktur jaringan yang baru.

Meningkatkan Skalabilitas


Penggunaan VPN akan meningkatkan skalabilitas. Ketika Perusahaan  berkembang dan membuat kantor cabang baru dibeberapa tempat akan lebih  terhubung dengan jaringan lokal kantor pusat.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar