MATERI TEKNOLOGI INFORMASI

Minggu, 28 Februari 2016

FORMAT HARDDISK

Tidak ada komentar
A.   FORMAT HARDISK

Harddisk merupakan media penyimpan yang digunakan untuk menyimpan file. Agar dapat digunakan secara efektif dan efisien perlu ada penataan terhadap harddisk tersebut. Proses penataan ruang harddisk ini dikenal dengan istilah pemformatan disk (disk formatting).
Pemformatan disk secara umum terbagi menjadi dua jenis, yakni pemformatan tingkat rendah (low level formatting/physical formatting) dan pemformatan logikal (high level formatting).
Pada pemformatan tingkat rendah, suatu disk akan dibagi menjadi beberapa trek, sektor serta silinder. Pemformatan tingkat rendah ini diperlukan agar pihak manufaktur dapat melakukan pengujian disk dan mendeteksi sektor-sektor kosong yang ada. Pemformatan tingkat rendah saat ini dapat dikatakan sudah sangat jarang dilakukan oleh user karena prosesnya telah dikerjakan oleh perusahaan pemanufaktur harddisk.



B.       SISTEM FILE
   sistem file merupakan suatu sistem yang diterapkan pada suatu partisi atau media penyimpan yang mengatur tentang penyimpanan file pada media/partisi. Sistem ini menjelaskan strukur dan aturan logis informasi pada media.

     Saat ini sudah banyak sistem file yang berhasil dikembangkan dan telah diterapkan pada berbagai media penyimpanan.

NTFS 
    NTFS merupakan sistem file yang dikembangkan oleh Microsoft dan diperkenalkan pertama kali pada sistem Windows NT 3.1.
                        Fitur-fitur yang ada pada sistem file ini antara lain :

- NTFS Log
- Symbolic links
- Volume mount points
- Volume shadow copy
- Quota
- Panjang nama file
- Besarnya partisi
- Besarnya file

FAT
Sistem file ini merupakan sistem file yang pertama kali dikembangkan oleh Microsoft. Sistem file yang memiliki nama lengkap File Allocation Table ini masih diterapkan pada banyak perangkat sampai saat ini.
fitur yang telah dikembangkan pada sistem file ini hingga versi terakhirnya diberikan sebagai berikut ini.

- Ukuran maksimal dari suatu file adalah sekitar 4 GB.
- Ukuran partisi/volume maksimal adalah 2TB.
- Panjang nama file maksimal 255 karakter UTF-16.


Ext (Extended File System)
Pertama kali dikembangkan oleh Rémy Card, sistem file ini merupakan yang pertama pada sistem operasi Linux.

- Mendukung ukuran partisi/volume hingga 1 EB (Exa Byte), ukuran file hingga  16 TB (Tera Byte) dan ukuran panjang path tidak dibatasi.
- Kompatibel dengan sistem file sebelumnya, ext2 dan ext3. Fitur ini memungkinkan user untuk membaca partisi ext2 atau ext3 melalui driver untuk ext4.
- Persistent pre-allocation, kemampuan untuk membuat file kosong. File jenis ini banyak digunakan pada aplikasi streaming dan database.
- Sistem ini dapat memiliki jumlah subdirektori yang tidak terbatas untuk ext4, sedangkan ext3 mendukung maksimal 32.000 subdirektori.

- Pengecekan Sistem File yang lebih cepat. Ini dapat terjadi karena blok-blok  yang tidak digunakan telah ditandai dan dapat diabaikan dalam prosesnya sehingga pengecekan dapat dilakukan lebih cepat.

OPERASI SISTEM FILE

Operasi-operasi yang berkaitan dengan sistem file, diantaranya adalah sebagai berikut.
Perintah-perintah pada tabel diatas hanya berlaku untuk sistem Linux tidak untuk sistem Windows atau lainnya.

Beberapa operasi yang sering dilakukan user terhadap informasi dalam sistem file adalah: penyimpanan (penulisan) informasi pada media penyimpan, pengambilan (pembacaan) informasi yang tersimpan pada media penyimpan, penghapusan informasi yang tersimpan pada media penyimpan, dan pemindahan informasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya dalam media penyimpan. Sistem file dalam operasi-operasi diatas berperan untuk menulis dan mengambil data dari dan ke media penyimpan.






Tidak ada komentar :

Posting Komentar